Ular Kepala Manusia

BEKAL MENUJU KELUARGA SAKINAH

19.10 Edit This 0 Comments »
Ananda Memepalai berdua yang berbahagia

Sebelum marilah kita terlebih dahulu memanjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT.atas segala kenikmatan dan karunia Nya yang telah dilimpahkan kepada kita sekalian terutama Nikmat Iman, Takwa dan Tawakal Kepada Allah SWT. Serta nikmat pada acara walimatun Nikah yang Insya Allah mendapat Berkah dan Ridlo dari Allah SWT.Amien

Sholawat serta salam semoga senantiasa dilimpahkan kepada Nabi Muhammad SAW, beserta keluarga, sahabat, dan segenap umatnya yang senantiasa patut dan taat menjalankan syariatnya.

Selanjutnya saya sampaikan ucapan terima kasih kedua orang tua mempelai nerdua yang telah memberikan amanah dan kesempatan kepada saya untuk memberikan nasihat kepada ananda berdua dihari bahagia ananda berdua.

Ananda mempelai berdua tentu mempunyai tujuan didalam pernikahan ini diantaranya tujuan dari pernikahan adalah :

1. Sebagai pangkal ikatan dalam masyarakat ( Q.S. 49 : 13 )
2. Untuk membina keluarga sakinah yang dilandasi kasih sayang ( Q.S.30:21 )
3. Agar Terhindar dari Penyakit (Q.S 17 :32 )
4. Untuk mendapatkan kesenangan dan sebaik -baik kesenangan adalah wanita yang sholihah ( Hadis Riwayat Muslim )
5. untuk mendapatkan keturunan ( Q.S.4 : 1 )
6. Melaksanakan ajaran islam / mengikuti sunah Rosulullah Saw

Nikah itu sunahku, barang siapa tidak mengikuti sunahku maka dia, termasuk umatku ( Hadis Riwayat Bukhori Muslim )


Ananda mempelai berdua yang berbahagia membina rumah tangga sakinah ibarat membangun suatu bangunan rumah yang kuat, kokokh dan nyaman untuk ditempati.
Raosulullah Saw, pernah menyampaikan "baitii jannatii"/Rumahku surgaku"
untuk membangun bangunan rumah yang kuat, kokoh dan nyaman diperlukan 3 A ( Aqidah, Akhlak, Amal Sholeh )

1. Pondasi Aqidah

dengan aqidah yang kuat rumah tangga anda tidak mudah terguncang oleh berbagai gejolak kehidupan baik kesulitan ekonomi atau masalah - masalah lain yang sewaktu - waktu akan menghadang perjalanan hidup anda berdua. Oleh karena itu perteballah iman dan takwa kepada Allah SWT., laksanakan sholat sebagai wujud bakti kepada Allah Swt, serta upaya untuk mendapat pertolongan Allah Swt Dikala dihadapkan dengan berbagai tantangan dan ujian, setelah itu berserah dirilah kepada Swt. ( Q.S. 33 : 3 )

2. Bangunan Akhlak

sebuah bangunan rumah akan memberikan rasa aman, manakala rumah itu mampu melindungi penghuninya dari segala bentuk gangguan dari luar.oleh karena itu tembok, dinding, atap dll, merupakan pelindung / perisai bagi penghuni rumah tersebut.
disitulah peran akhlak dari anda berdua, dengan akhakul karimah / akhlak yang mulia ananda berdua akan dapat terhindar dari berbagai malapetaka baik berupa fitnah dari luar berupa godaan dari orang lain.

3. Perabot : Amal Sholeh

Bangunan rumah yang kokoh dan aman akan menjadikan penghuninya merasa nyaman dan betah tinggal dirumah, manakala dilengkapi dengan berbagai perabot rumah yang tertata rapi dan serasi. Amal sholeh ananda berdua didalam masyarakat nantinya yang akan menjadikan kehidupan ananda menjadi lebih nyaman. Oleh karena itu ananda berdua yang sebentar lagi akan melepas dari tanggung jawa orang tua dan melanjutkan hidup mandiri menjadi bagian dari masyarakat bergaulah didalam masyarakat secara baik dan banyaklah beramal sholeh agar Allah Swt melimpahkan berkah dan rahmat Nya kepada Keluarga ananda berdua.

Ananda mempelai berdua yang berbahagia untuk mewujudkan keluarga sakinah suami dan isteri mempunyai kewajiban masing - masing:

KEWAJIBAN SUAMI :
1. Memberikan nahkah lahir : sandang, pangan papan dsb ( Q.S. 4 :34 )
2. Memberikan nahkah bathin : pergaulilah isteri mu dengan baik ( Q.S. 4 : 19 )
3. Menjaga haknya ditempat tidur
4. Tidak membuka rahasia isteri kepada orang lain *(Q.S.2:187 )
5. Mengunjungi famili dari isteri ( silatuhrami )
6. Memberi Pertolongan pada isteri
7. Menghormati milik pribadi

KEWAJIBAN ISTERI :
1. Taat kepada suami karena suami adalah pemimpin dalam rumah tangga ( Q.S. 4 : 34 )
2. Menjada nama baik suami ( Q.S. 4 : 34 )
3. Tidak memasukan seseorang kedalam rumah tanpa seijin suami
4. Bergaulah dengan suami secara baik
5. Jangan meminta kepada suami, sesuatu yang ia tidak sanggup melakukan hal - hal yang diluar kemampuannya
6. Amanah terhadap harta milik ananda berdua
7. Ikhlas memelihara dan mendidik anak - anak

KEWAJIBAN Untuk SUAMI dan ISTRI
1. Menjaga hubungan baik dengan kedua orang ta dan famili masing-masing
2. selalu bermusyawarah dalam setiap masalah/ untuk mengambil keputusan
3. saling pengertian antara ananda berdua

selanjutnya kepada kedua orang tua mempelai berdua diharapkan :
1. marilah mensyukuri pernikahan kedua mempelai ini dengan syukur yang sebaik - baiknya ( Q.S.14 :7 )
2. Biarkanlah mereka berdua mandiri, janganlah terlalu mencampuri urusan mereka
3. Do'akanlah agar mereka menjadi keluarga yang berbahagia ( Q.S.25 : 74 )

Ananda mempelai berdua yang berbahagia, didalam perjalanan hidup mencapai sakinah terkadang ananda akan menghadapi tantangan / cobaan hidup.oleh karena itu berpeganglah selalu pada tuntunan Al Qurn dan hadis agar ananda berdua selamat didunia dan akhirat

PERHATIKAN dan RENUNGKANLAH FIRMAN ALLAH SWT :
1. Hai orang yang beriman Jadikanlah shobar dan sholat sebagai penolongmu, sesungguhnya SWT beserta orang - orang yang shobar ( Q.S. : 153 )

2. Barang siapa yang bertakwa kepada Allah SWT Niscaya Allah SWT akan memberikan jalan keluar dari kesulitan yang dihadapi ( Q.S. 65 :2 )

3. Laksanakanlah sholat fardlu di awal waktu dan ditambah sholat tahajjud di malam hari agar Allah memberikan kedudukan yang terpuji dan berdoalah kepada Allah SWT ( Q.S. 17:78,79,80 )

Ananda mempelai berdua yang berbahagia
Demikian yang dapat saya sampaikan sebagai nasihat didalam mencapai keluarga sakinah dan diberi keturunan yang sholeh dan sholekhah serta semoga bermanfaat, Amien, Amien Ya Robbal Aalamien.

Marilah Kita berdoa kepada Allah SWT dengan Khusuk dan Tadhorru :

Allahuma Ya Allah, Berikanlah keberkahan kepada kedua mempelai ini dengan hidup dan kehidupan yang penuh dengan kebahagiaan.

Ya Allah, kokohkanlah hubungan mesra yang dilindungi oleh rasa kasih sayang di antara mereka dan keridloan Engkau Ya Allah.

Ya Allah, Kokokhkanlah jalinan mereka saling mengasihi dan menyayangi sebagaimana hubungan kasih sayang antara Nabi Adam As dengan Ibu Hawa, Antara Nabi Ibrahim A.S dengan Sarah, Antara Nabi Yusuf A.S. dengan Siti Zulaika, antara Nabi Muhammad Saw dengan Siti Chotijah

Ya Allah, ebrilah mereka keturunan yang sholeh dan sholihah yang taat kepada Engkau, berbakti kepada kedua orang tua, berguna bagi bangsa, negara dan agama.

Ya Allah, Berilah mereka rezki yang halal dan berkah untuk memenuhi kebutuhan hidup untuk mencapai kebahagiaan dunia dan akhirat.

Ya Allah Curahkanlah rahmat kepada kami semua dengan hidup dan kehidupan bahagia dunia dan akhirat dan selamatkanlah kami dari siksa api neraka.

Ya Allah, Kabulkanlah permohonan kami, Robbana atina fiddunya hasanah Wafil Akhiroti Khasanah, Waqina Adzabannaar.

Amien Yaa Robbal Alamin........


0 komentar: