Ular Kepala Manusia

ZIARAH

20.50 Edit This 0 Comments »
ZIARAH yang kita kenal adalah merupakan kegiatan Agamaan berupa kunjungan ke maqbarah ( kuburan ) para wali atau ulama yang telah mendedikasikan kehidupan bagi perkembangan islam. dengan arti seperti ini, ziarah lebih dimaksudkan untuk menghormati para tokoh yang diziarahinya karena jasa - jasanya terhadap islam dan karena kesalehannya serta kedekatannya kepada Allah, disamping itu juga sebagai media yang dapat mengingatkan kepada maut yang suatu saat akan menjemputnya ( wafat ). Ziarah seperti itu sudah memang telah menjadi tradisi masyarakat islam dunia, mengingat di setiap negara terdapat para wali atau orang - orang saleh yang keteladannya patut di tiru dan jasanya terhadap islam perlu di ingat.Disamping Makam Rasullalllah melalui Ibadah haji dan Ziarah yang dilakukan dengan mengunjungi Makam Wali, Ziarah juga biasa dilakukan terhadap Orang Tua atau para Leluhur yang sudah wafat duluan,

dalam hadist rasulullah SAW :

( Dulu aku melarang kalian berziarah kubur, tapi sekarang berziarahlah )

Berziarah biasanya dilakukan sendiri - sendiri atau berkelompok, tentang ziarah sendiri - sendiri umumnya dilakukan dengan mengunjungi kuburan orang tua atau para leluhur. adapun ziarh berkelompok contohnya adalah berziarah ke amakam Rasulullah pada saat - saat beribadah haji. ziarah berkelompok seperti ini biasa juga dilakukan di daerah jawa tengah atau jawa timur dengan mengunjungi kuburan para wali sembilan yang terbesar dibeberapa daerah. ziarah ini karenanya terkenal dengan nama ZIARAH WALI SONGO.

akan tetapi karena begitu banyak wali di negri kita tidak hanya walisongo saja seperti di Semarang: Jawa Tengah ada makam wali K.H. Sholeh Darat, Ki ageng Pandanaran, Pangeran Terboyo, Pangeran Suro Adi menggolo dan Pangeran Puger dari keraton mataram islam, Syekh Jumadil Kubro , Purwodadi: Jawa Tengah, Ki Ageng Selo, Ki Ageng djoko Tarub dan masih banyak lagi yang tidak dapat saya sebutkan satu persatu dan ziarah walisongo hanyalah salah satu tradisi ziarah saja. mungkin didaerah selain Jawa ada tradisi ziarah dengan nama lain, sesuai dengan nama wali atau tempat yang diziarahi.

ini adalah gambaran tentang beberapa makam para wali serta kiprah mereka didalam perkembangan Agama islam di indonesia.

0 komentar: