Ular Kepala Manusia

ARTI 10 MUHARRAM

20.16 Edit This 0 Comments »
10 Muharam adalah tanggalan ISLAM, yang kebetulan pada bulan ini jatuh pada tanggal 27 Desember 2009. Pastinya pada penasaran kan kenapa bisa disebut hari asyura???? Kenapa kita disunatkan untuk berpuasa ???? Kenapa disebut dengan hari asyura atau puasa anak yatim ????

Asyura itu adalah dari tanggal bahasa arab 10, dalam bahasa arabnya itu isyrun atau asyara. Kemudian disebut puasa anak yatim itu, karena apada tanggal 10 muharam itu ada suatu perang. Dimana dalam peperangan itu banyak sekali kaum laki yang meninggal dunia di medan perang. Sehingga begitu banyak sekali yang anak dan istrinya yang di tinggal oleh bapaknya. Anak-anak mereka menjadi seorang yatim. Oleh karena itu, kenapa disebut puasa anak yatim ???? Selain itu pada tanggal 10 , Muharam begitu banyak sekali kejadian yang terjadi pada saat itu. Contohnya :

1.Allah SWT menciptakan langit dan bumi
2.Nabi Ayub AS yang telah sembuh dari penyakitnya yang sangat lama, yng berlangsung selama 18 tahun. Dan pada tanggal 10 muharam Allah SWT menyembuhkan beliau karena kesabarannya Nabi Ayub dan istrinya yang telah merawatnya.
3.Adanya perang yang menyebabkan banyak sekali anak- anak yang menjadi yatim
4.Nabi Muhammad SAW ditunjuukan kepada Allah SWT syurga dan neraka
5.Meninggalnya raja fir’aun yang sangat bengis dengan tertelan dilaut merah

Dan cerita yang banyak lainnya yang tidak bisa saya sebutkan satu-satu dalam tulisan ini. Mungkin dengan contoh-contoh tersebut merupakan sebagai perwakilan saja supaya kita dapat hijrah dan bertambah taqwa kepada Allah SWT, amin…. Maksud kita berhijrah disini adalah agar kita dapat berhijrah atau berpindah yang tahun lalu sifat kita banyak sekali yang buruk, kemudian di tahun baru yang sekarang ini menjadi berpindah kepada sifat/perilaku yang baik.

Kenapa kita di sunatkan berpuasa??? Jika kita berpuasa itu adalah hanyalah untuk Allah. Walaupun di dunia jika kita berpuasa mulut kita bau segala macam rasa, namun di mata Allah SWT mulut kita itu bagaikan bau minyak kasturi. Tentunya kita tau dong, minyak kasturi itu begitu wangi sekali. Subhannallah betapa baiknya Allah SWT kepada umatnya. Namun kenapa kita sebagai umatnya jarang tunduk kepadanya???? Berpuasa pada tanggal 10 muharam ini ditujukan sebagai tanda penghormatan kepada Allah SWT dan para nabi yang mana pada tanggal tersebut begitu banyak sekali kejadian yang telah terjadi. Jika seandainya saja pada saat itu kita mengalami kejadian tersebut, bagaimana rasanya???? Pasti kita tidak akan sanggup, apalagi jika kita harus kehilangan suami atau anak kehilangan bapaknya dalam medan perang. Kemudian bagaimana rasanya???? Pastinya kita tidak bisa membayangkannya bukan????

Oleh karena itu apa salahnya kita berpuasa pada tanggal tersebut untuk menghormati dan sebagai tanda kita bersyukur serta ikut merasakan pedihnya peperangan pada saat itu. Sebenarnya kita disunatkan untuk berpuasa pada tanggal 9 dan 10 muharam, namun jika kita tidak sanggup boleh saja berpuasa hanya tanggal 10 muharam. Kemudian pada tanggal tersebut kita juga harus di sertai dengan bersedekah kepada anak yatim. Berapa pun jumlahnya, yang penting kita ikhlas untuk

0 komentar: