Ular Kepala Manusia

MEMPELAJARI ILMU SYAR’I

19.04 Edit This 0 Comments »
Ilmu Syar’I disini adalah ilmu yang wajib dipelajari untuk tujuan memperbaiki ibadah, membernarkan aqidah dan meluruskan hati. Kita wajib mempelajari ilmu yang memperkuat ibadah yang benar menurut ajaran Ahlusunnah Wal Jama’ah dan menjaganya dari pengaruh aqidah yang rusak dan menyimpang seperti mu’tazilah, jabariyah dan mutassimah. Wajib pula mendalami ilmu – ilmu yang berhubungan dengan masalah peningkatan kwalitas ibadah, mulai dari sekitar masalah wudlu; sholat; zakat;haji; mu’amalah; faraidl; munahakat; jinayat dan lain sebagainya. Ilmu – ilmu yang berhubungan dengan masalah ibadah tersebut bila tidak didasri dengan ilmu yang benar, maka ibadahnya akan ditolak. Sebagaimana yang dikemukakan oleh Syekh Ibnu Ruslan :

“Semua orang yang mengamalkan sesuatu tanpa ilmu, maka amalnya tertolak tidak diterima”

Disamping itu , wajib pula mempelajari ilmu yang dapat mensucikan hati dari akhlaq – akhlaq yang tercela, seperti sombong, ujub, riya, hasud, dendam, dusta, ananiah (egois ), bakhil, fakhis (omongan kotor ), isyraf, ghibah, namimah, tabdzir ( menyia – nyiakan harta benda),menipu, dan lain sebagainya. Lebih – lebih dengan ilmu yang berhubungan dengan masalah penyakit hati atau amrudlul qulub.

Hukum mempelajari adalah fardlu ain. Disamping itu wajib diamalkan dengan dengan ikhlas. Sebab ilmu yang tidak diamalkan, maka orang yang berilmu itu akan disiksa oleh Allah di akhirat lebih dulu daripada yang menyembah berhala. Sesungguhnya. Sebagaimana dikatakan Syekh Ibnu Ruslan dalam zubadnya :

”Maka amalkanlah (ilmumu) walau hanya sepersepuluhnya, seperti, zakat, engkau akan keluar dari kegelapan lantaran dengan cahaya ilmu itu.maka orang alim yang tidak mengamalkan ilmunya, ia akan disiksa sebelum para penyembah berhala ( disiksa lebih dulu )”

Oleh sebab itu, bila seorang sudah mempunyai ilmu hendaknya diamalkan pula, maka akan berhasil memperoleh keselamatan di akhirat dan memperoleh derajat yang tinggi di dunia. Sebagai firman allah :

”Allah mengangkat orang – orang yang beriman dari kamu dan orang – orang yang diberi ilmu derajatnya” ( QS. Al Mujadilah : 11 )

0 komentar: